Kenapa Komputer Sering Terjadi Hang ?

No Comments
Sepertinya hal yang satu ini hampir pernah dirasakan oleh semua orang. ya, saat anda sedang asik melakukan pekerjaan di laptop atau komputer anda tiba - tiba secara serentak kursor anda berhenti dan tidak dapat dijalankan. Pada kondisi seperti ini ada beberapa penyebab yang mengakibatkan komputer anda mengalami hang seperti berikut ini:

- Penyebab 1 : Kecepatan kinerja PC oleh memory utama ( RAM ) , jika memory utama ini tidak kompatible dengan PC Motherboard yang digunakan, maka akibat yang ditimbulkan bisa menjadi hang, sebab keepatan akses data kinerja memory dan processor tidak sebanding/ seimbang.

- Solusi : Ada beberapa jenis memory yang digunakan oleh PC, misalnya Parity dan Nonparity, Edo dan Nonedo, SD RAM PC ..... , RD RAM PC ....., DDR PC 3200, DDR2 PC 6400 atau DDR 3 PC 6400. Dari beberapa jenis ini tidak semua PC dapat menggunakan memory tersebut karena setiap Mothrboard PC sudah ada pasangan memorinya, gunakan memory yang kompatible dengan motherboard yang digunakan.

- Penyebab 2 : Dalam sebuah PC terkadang banyak terdapat aplikasi program yang akan digunakan dan setiap program ini terdiri dari puluhan bahkan ratusan file yang merupakan suatu kesatuan untuk membangun suatu aplikasi tersebut. JIka file - file ini diganggu oleh suatu aplikasi perusak ( VIRUS )
Maka dapat menyebabkan PC anda akan mengalami hang.

- Solusi : Anda dapat mempercayakan penanganan virus ini dengan antivirus yang ternama dan terbukti ampuh mengatasi virus ini seperti Bit Defender, Avast, Avira, AVG dan lainnya. Update antivirus yang anda gunakan setiap bulannya untuk mengantisipasi penyerangan virus - virus.

- Penyebab 3 : Banyak PC sekarang ini yang dapat di OVERCLOCK melebihi kecepatan batasan kecepatan yang tertera pada processor dan yang lainnya. Keuntungan yang di lakukan overclock ini adalah penghematan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan kinerja PC yang tinggi, tetapi jika di overclock yang dilakukan tidak menghasilkan kinerja PC yang tinggi.

- Solusi : Sebuah PC yang telah di overclock akan menyebabkan panas yang semakin tinggi sedangkan usia PC akan semakin pendek. Sebab pemaksaan kinerja diluar batas yang wajar. Sebaiknya gunakan kecepatan PC tersebut pada kecepatan yang telah ditentukan oleh prosusen pembuatnya untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

- Penyebab  4 : Tidak normalnya tegangan listrik atau turun naiknya tegangan listrik secara tiba - tiba bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat motherboard dan hardisk . Pada perangkat hardisk akan menyebabkan kinerja saat pembacaan data posisi head berada di permukaan platter sepusekian milimeter. Jika tegangan turun naik secara tiba - tiba menyebabkan head akan menggores pletter dan hardisk akan menimbulkan bad sector.

- Solusi : Penanggulangan permasalahan di atas dengan menggunakan disk manager, sebaik - baiknya terlebih dahulu format hardisk terlebih dahulu lalu hardisk harus dipartisi kembali.


- SERING HANG - MEMORI COCOK - COBA GANTI MEMORY LAIN
- HARDISK ADA VIRUS - GUNAKAN ANTIVIRUS TERPECAYA
- PC DI OVERCLOCK - KEMBALIKAN KONDISI PC PADA KEADAAN SEMULA



back to top